Terapi Seni Untuk Kesehatan Mental

Sahabat Psiko. Terapi Seni Untuk Kesehatan Mental.

Banyak orang menderita masalah kesehatan mental, yang disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah stres.  Banyak cara untuk mengatasi kesehatan mental, salah satunya melalui Terapi seni Untuk Kesehatan Mentral.

Ada alternatif lainnya seperti, terapi perilaku kognitif, tetapi hanya efektif jika pasien bisa mengekspresikan perasaan mereka dengan kata-kata, karena berfokus pada menjawab pertanyaan seperti, kapan, mengapa dan bagaimana.

Terapi kesehatan mental melalui seni di sisi lain tidak memerlukan kondisi seperti itu, lebih murah dan aman untuk memulihkan atau mengatasi penyakit mental, karena tidak ada zat asing yang dikonsumsi. Selain itu juga memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kedamaian, ketenangan, atau bersosialisasi pada saat yang sama. Lalu apa saja Terapi Seni Untuk kesehatan Mental. Berikut Terapi Seni Untuk Kesehatan Mental.

Baca Juga: Cara Cepat Mempelajari Suatu Hal

1. Teater

Dalam terapi teater, permainan improvisasi membantu terapis memahami lebih baik seperti apa klien mereka. Karena Teater membantu dalam mengekspresikan masalah tersembunyi di dalam alam bawah sadar, dan juga membantu meningkatkan suasana hati mereka menjadi lebih baik.

2. Menari

Gerakan tarian bebas dalam menari dapat membantu terapis dalam menganalisis masalah alam bawah sadar seseorang, dan dapat digunakan untuk melampiaskan atau menceritakan sebuah kisah. Gaya tertentu dapat direkomendasikan untuk membentuk pikiran klien.

3. Musik

Terapi musik terdiri dari: Listening, creating and performing. Berbagai jenis musik dapat mempengaruhi setiap individu secara berbeda, mendengarkan jenis musik dapat membantu terapis dalam mengidentifikasi masalah. Creating membantu pasien mengekspresikan emosi dan cerita mereka, dan performing bisa menjadi penghilang stres yang luar biasa, karena memungkinkan orang untuk sepenuhnya mengekspresikan diri mereka.

4. Seni visual

Seni visual juga beragam, karena dapat dilakukkan oleh banyak orang, mulai dari memahat, melukis, hingga membuat sketsa. Terapis dapat menganalisis alam bawah sadar dengan menganalisis apa yang dibuat pasien mereka. Karena membuat bentuk tertentu atau warna yang digunakan, dapat bercerita banyak tentang seseorang.

Baca Juga: Seni Sebagai Terapi Gangguan Jiwa

Terapi seni untuk kesehaatan mental dapat disesuaikan untuk orang-orang tertentu, misalnya introvert mulai dengan sesi individu yang fokus pada pemahaman diri melalui improvisasi. Ekstrovert di sisi lain lebih diuntungkan dengan sesi kelompok, yang fokus pada komunikasi, berbagi pengalaman mereka, membantu mendapatkan kepercayaan diri mereka dalam emosi dan ingatan mereka.

Terapi seni untuk kesehaatan mental dari teater, musik, menari, hingga seni visual, dapat memenuhi kebutuhan banyak pasien secara bersamaan, dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kondisi mental mereka. Tidak ada efek samping, dan ini adalah cara yang bagus untuk memahami diri sendiri, dalam berbagai situasi yang mempengaruhi suasana hati seseorang.

Terapi Seni Untuk kesehaatan Mental adalah solusi yang dapat dilakukan siapa saja, yang memungkinkan seseorang untuk bersantai, bersosialisasi, dan melatih otak mereka pada saat yang sama. Siapa tahu? Mungkin seseorang dapat menemukan bakat tersembunyi atau hobi yang baru. Terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *