8 Hal Yang Bisa Membuat Kita Tidak Bahagia

Halo sahabat, Kita semua memiliki kebiasaan, keinginan, jadwal, dan ambisi yang unik. Terkadang, ada hal-hal yang kita lakukan setiap hari, dan pola pikir yang kita miliki untuk membimbing hidup kita menjadi lebih baik,  tetapi ada beberapa hal yang kita lakukuan ternyata bisa membuat kita tidak bahagia. Sahabat Psiko merangkum ada 8 hal yang bisa membuat kita tidak bahagia.

Jika akhir-akhir ini Kamu merasa down, atau umumnya tidak bahagia, tetapi Kamu tidak yakin mengapa, artikel ini mungkin dapat menjelaskan apa penyebabnya. Berikut 8 hal yang bisa membuat kita tidak bahagia.

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Mempunyai Mental Yang Kuat

1. Kamu sangat berorientasi pada tujuan.

Memiliki ambisi dan memiliki tujuan dalam hidup adalah sesuatu yang hebat. Tujuan membuat kita bersemangat, memberi kita sesuatu untuk diharapkan, dan mencapainya terasa membahagiakan. Tapi ada juga yang terlalu berorientasi pada tujuan.

Apakah Kamu mengatakan pada diri sendiri hal-hal seperti: Saya akan senang ketika saya akhirnya mendapatkan nilai sempurna, atau saya akan bahagia setelah mendapatkan promosi itu? Jika Kamu terus-menerus memiliki kebiasaan menunggu untuk tiba di tujuan tertentu dalam hidup, itu bisa menjauhkan Kamu dari kebahagiaan sekarang.

2. Kamu lebih menghargai kekayaan daripada pengalaman.

Apakah Kamu menghabiskan semua uangmu untuk membeli jam tangan mewah, sepatu, pakaian, atau barang materil lainnya untuk membuatmu merasa nyaman? Tidak salah jika kita ingin membeli barang-barang mewah sesekali, tetapi menurut penelitian yang dilakukan oleh Profesor Psikologi Dr. Thomas Gilovich, kebahagiaan kita lebih cepat memudar setelah membeli barang-barang menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Pengalaman seperti menonton konser musik, skydiving, jalan-jalan atau menonton film mungkin tidak bertahan selama smartphone yang baru Kamu beli. Tapi kenangan positif yang menyenangkan bisa bertahan seumur hidupmu.

3. Kamu menyimpan dendam terhadap seseorang.

Apakah kamu mudah merasa kesal dan marah kepada seseorang, dan itu adalah respons yang sangat normal dan sepenuhnya dapat dimengerti. Tapi seberapa buruk seseorang  memperlakukanmu atau berapa banyak uang yang telah mereka curi darimu, menyimpan dendam dengan maksud untuk menyakiti atau membalas perlakuan mereka bisa menjadi bumerang dan hanya berakhir dengan menyakiti diri sendiri.

Mungkin menyenangkan untuk berpikir bahwa apa yang kamu lakukan itu benar, dan pantas mendapatkan balasan ekstra karena betapa parahnya Kamu diperlakukan. Tetapi jika Kamu tidak pernah memaafkan dan melepaskan kemarahan hanya akan membuat Kamu semakin negatif dan membuat Kamu tidak bahagia.

4. Kamu menghabiskan banyak waktu di masa lalu.

Mungkin terasa menyenangkan untuk beberapa saat hanyut ke dalam kenangan masa lalu dan mengenang betapa indahnya hidup: saat-saat indah waktumu dulu, kenangan menyenangkan saat masa sekolah dulu, itu semua adalah saat-saat yang menakjubkan dalam hidupmu. Tetapi ada perbedaan antara memikirkan masa lalu dan hidup di dalamnya.

Mengingat kenangan masa lalu terlalu lama dapat merampas kebahagiaanmu saat ini dan membuatmu kehilangan peluang yang lewat tepat di depanmu. Yang lebih buruk adalah memikirkan kenangan negatif akan berdampak lebih besar pada kebahagiaanmu.

Baca Juga: 6 Cara terbaik Mengatasi Depresi

5. Kamu terlalu hemat dengan uangmu.

Menyimpan uang hasil jerih payahmu dan hanya membelanjakannya saat benar-benar diperlukan akan membantu menjaga dompetmu agar tidak kosong. Tetapi jika Kamu sangat ketat dengan anggaranmu sampai-sampai Kamu tidak pernah bersenang-senang atau memanjakan dirimu dengan itu, dapat mengurangi kebahagiaanmu. Uang dimaksudkan untuk dibelanjakan. Dan selama Kamu menggunakan sedikit lebih sedikit dari pada yang Kamu hasilkan, tidak apa-apa untuk pergi jalan-jalan atau menonton film sesekali.

6. Kamu menghindari semua masalah.

Kamu cenderung menghindari masalah, dan mengalihkan ke arah hal yang kamu anggap menyenangkan atau hal yang dapat melupakan masalah. Tetapi jika masalah tersebut tidak ditangani dengan baik, mereka hanya akan menciptakan lebih banyak stres dan ketidakbahagiaan dalam hidupmu.

Jika Kamu tidak mau menangani masalahmu secara langsung dan mencoba berpura-pura tidak ada masalah, itu hanya akan memperburuk keadaan.

Baca Juga: Terapi Seni Untuk Kesehatan Mental

7. Kamu menolak pujian.

Kadang-kadang, harga diri kita rendah, atau kita tidak ingin terlihat sombong, jadi kita menolak, membalas, atau meremehkan kata-kata positif orang lain tentang kita. Namun pada kenyataannya, tidak ada salahnya menerima ucapan baik orang lain kepada kita.

Faktanya, itulah alasan utama mereka memuji kita. Ketika kita diberi tahu bahwa kita memiliki potongan rambut yang bagus, jika kita merespons dengan frasa seperti, “Tidak apa-apa,” atau “Aku berharap itu terlihat lebih baik”, ini bukan kebiasaan terbaik jika kita ingin merasa baik tentang diri kita sendiri.

8. Kamu menganggap hidup terlalu serius.

Sangat penting untuk berhati-hati, dan sadar akan keputusan yang Kamu buat dalam hidup. Tetapi jika Kamu terus-menerus takut dengan apa yang orang lain pikirkan tentang Kamu, khawatir akan mempermalukan diri sendiri, atau kesal pada setiap ketidak nyamanan yang terjadi pada dirimu, itu semua akan menghentikan dirimu dari kebahagiaan.

Itulah 8 hal yang bisa membuat kita tidak bahagia. Hidup benar-benar seperti roller coaster. Setelah semuanya turun, maka akan naik kembali. Tertawa saja, pilih untuk bahagia, dan bersenang-senanglah.

Baca Juga: 10 kebiasaan yang membuat kita tidak bahagia

Apakah Kamu mengalaminya salah satu dari 8 hal yang bisa membuat kita tidak bahagia? Apakah Kamu memiliki kebiasaan yang membuat Kamu tidak bahagia? Ceritakan kisahmu di kolom komentar. Terima kasih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *